Skip to content

MOU Malaysia-Indonesia – Pembantu Rumah

May 30, 2011

“…komitmen kedua negara untuk meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan TKI yang bekerja di Malaysia.”

Belum jelas apa yg dimaksudkan dengan komitmen yang disebutkan itu…

———————————————–

RI- Malaysia Teken MoU TKI

30 May 2011

Dai_BakatiarTKI-ok

[Translate]

Jakarta (Citra Indonesia): Pemerintah Indonesia- Malaysia sepakat menandatangani amandemen nota kesepahaman (MoU) tentang  Penempatan dan Perlindungan TKI domestic worker di Malaysia.

Penandatanganan ini dilakukan  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI Muhaimin Iskandar dan Menteri Sumber Manusia Malaysia, Datuk DR. S Subramaniam       di Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Senin malam ini (30/5/2011).

“Nanti setelah Mou ditandatangani, kedua delegasi kembali membahas persiapan implementasi amandemen melalui forum joint working group (JWG) VII. Kedua delegasi akan bertemu selama 1,5 hari terhitung tanggal 31 Mei – 1 Juni 2011. Menakertrans Muhaimin Iskandar menyambut baik,” kata Suhartono.

Menurutnya penandatanganan MoU TKI Malaysia merupakan wujud dari komitmen kedua negara untuk meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan TKI yang bekerja di Malaysia.

Indonesia dan Malaysia terus melakukan kajian, evaluasi, dan pembenahan dalam mekanisme penempatan TKI guna memperbaiki perlindungan hak-hak TKI maupun penggunanya.

Dijelaskan Suhartono,  akhirnya setelah melalui perundingan yang panjang, kedua belah pihak yaitu Pemerintah Indonesia dan Malaysia sepakat untuk melakukan amandemen MoU bagi TKI yang bekerja di rumah tangga (domestic worker) yang telah ditandatangani pada tahun 2006 lalu.

Sedangkan untuk memonitor pelaksanaan MoU TKI Malaysia ini, tambah Suhartono kedua delegasi juga sepakat untuk membentuk joint task force (JTF) yang keanggotaan JTF terdiri dari Instansi terkait di Indonesia dan Malaysia serta Perwakilan negara masing-masing .

Penempatan TKI ke Malaysia dilakukan dibawah payung MoU Penempatan dan Perlindungan TKI ke Malaysia, baik untuk sektor formal maupun sektor informal (domestic).

MoU penempatan dan perlindungan TKI ke Malaysia dituangkan dalam dua buah yakni MoU bagi TKI yang bekerja di sektor formal, ditandatangani tahun 2004, dan MoU tahun 2006 bagi TKI yang bekerja di rumah tangga (domestic worker).

MoU sektor domestic ditandatangani pada tahun 2006 dan berakhir pada tanggal 13 Mei 2011, namun kedua negara telah sepakat melakukan perpanjangan MoU selama 1 (satu) bulan.

Pada tahun 2009, posisi penempatan TKI untuk sektor domestik adalah moratorium atau penundaan pelayanan sementara. Selama waktu tersebut, kedua pihak terus melakukan upaya-upaya perbaikan mekanisme penempatan dan perlindungan TKI ke Malaysia. (iskandar)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: